-->

Teknik VALSTEN (Valid Suport Resistance)

WAVE


WAVE Adalah pergerakan harga secara terus menerus dalam satu kejadian tanpa diselingi jeda.
Ciri ciri wave adalah terdiri dari satu atau beberapa candle yang sejenis yang bergerak satu arah secara terus menerus.



Wave yang bisa di katakan bagus harus mempunyai kriteria khusus. Panjangnya minimal 25% dari range satu periode sebuah Time Frame ( satu separator ).

Misal di tf H1 rangenya rata rata 120 pip. maka panjang wave yang bisa di katakan bagus adalah 120 x 25% = 30 Pip.

Kenapa 25%. Karena setelah di amati, pergerakan yang besarnya 25% dari range rata ratanya merupakan adanya indikasi sebuah tenaga yang cukup besar untuk menggerakan pasar dari Big Player. Ketika tercipta biasanya dia membreak sebuah support atau resistance dan membuat sebuah support atau resistance baru (RBS/SBR)



Baca Juga: indikator fibo dan rsi oleh bro nurul 123





“ Trade With Trend = Trade With Wave “

Biasanya setelah tercpta sebuah wave, harga akan mencoba menyeimbangkan kembali harga, masuk ke arah area konsolidasi. Di manakah area konsolidasi?. Dia berada di tengah tengah sebuah wave. Untuk mencari area konsolidasi kita hanya membutuhkan Fibo retracement level yang di pakai 0,382 0,500 0,618








Wave ada dua jenis Wave Mayor dan Wave Minor. Trend Besar dan Trend Minor


Dengan mengetahui materi ini di harapkan, seorang trader tidak terjebak dalam area konsolidasi. Jika harga masuk ke dalam area ini.
Wave berlaku di semua time frame mulai MN, Wekkly, daily, hingga ke M1. Tapi sebagai catatan semakin kecil TF semakin banyak falsenya. Wave yang bagus minimal H4


BLEND CANDLE
Blend candle adalah suatu bentuk dari sebuah Lembah atau puncak . Yaitu Candle yang bercampur yang berlainan jenis. Jika wave candlenya sama maka blend candle candlenya berbeda
Minimal 2 candle sudah bisa di sebut blend candle. Ciri ciri blend candle adalah membentuk cekungan atau bend di sinilah terdapat support and resistance. Pada blend candle snr berada pada close candle pertama dan open candle terakhir (Body Candle)


Blend up = puncak
Blend down = lembah

Puncak menahan pergerakan yang akan menuju ke atas. Lembah menahan pergerakan yg menuju ke bawah
walaupun di situ terlihat bahwa puncak dan lembah bisa menahan pergerakan. pada materi dasar ini kita tidak di sarankan untuk Op pada posisi tersebut. Dalam hal ini berlaku prinsip RBS (resistance become support) dan SBR ( support become resistance)
Bagaimana memanfaatkan blend candle ini? Yaitu ketika blend candle itu di breakout. Maka ketika di breakout snr yang tadi menahan akan berubah menjadi pijakan



WAVE + BLEND CANDLE
Bagaimana hubungan antara materi pertama dan kedua. Wave yang bagus adalah Wave yang membreak blend candle dan posisi blend candle yg di break berada di area konsolidasi (Fibo Level)






Demikianlah teknik dasar tentang valsten alias valid suport resistance, semoga bermanfaat.













0 Response to "Teknik VALSTEN (Valid Suport Resistance)"

Post a Comment