-->

Penggunaan Indikator Moving Average

Moving Average
Moving average merupakan salah satu cara untuk melihat aksi harga dari waktu ke waktu. Dengan “bergerak rata-rata”,  berarti Kita hanya mengambil harga penutupan rata-rata pasangan mata uang untuk periode yang terakhir ‘X’ . Pada grafik, akan terlihat begini:


Seperti indikator lain, moving average digunakan juga untuk membantu kita meramalkan harga di masa datang. Dengan melihat kemiringan rata-rata gerakan, Kita dapat menentukan potensi arah harga pasar, aksi harga dengan gerakan rata-rata yang diperhalus.
Ada banyak jenis moving average dan masing-masing memiliki tingkat “keakuratan” mereka sendiri.
Biasanya, semakin mulus rata-rata gerakan, semakin lambat bereaksi terhadap pergerakan harga.
Pada hal ini, kita perlu menjelaskan dua jenis utama moving average:
1. Sederhana (simple moving average)
2. Eksponensial (exponential moving average)
Simple Moving Average
SMA adalah jenis yang paling simple. Pada dasarnya, Simple Moving Average dihitung dengan menjumlahkan harga penutupan terakhir “X” periode dan kemudian membagi jumlah tersebut dengan X.

KalAu Kita merencanakan untuk waktu 5  Simple Moving Average pada grafik 1-jam, Kita akan menambah harga penutupan selama 5 jam terakhir, dan kemudian membagi jumlahnya dengan 5. String harga tersebut rata-rata sama dan Kita mendapatkan rata-rata yang bergerak!

Jika Kita plot sederhana 5-Simple Moving Average pada grafik 10 menit, Kita akan menambah harga penutupan dari 50 menit terakhir dan kemudian bagi jumlahnya dengan 5.
Jika Kita plot jangka waktu 5 Simple Moving Average pada grafik 30 menit, Kita akan menambah harga penutupan dari 150 menit terakhir dan kemudian bagi jumlahnya dengan 5.
paket charting Kebanyakan akan melakukan semua perhitungan untuk Kita.Alasan menjelaskan “bagaimana” cara menghitung Simple Moving Average adalah karena itu penting untuk dipahami sehingga Kita tahu cara mengedit dan tweak indikator tersebut.


Memahami bagaimana indikator bekerja berarti Kita dapat mengatur dan menciptakan strategi yang berbeda.
Sekarang, seperti semua indikator lain, Moving Average beroperasi dengan delay. Karena Kita mengambil harga rata-rata sejarah masa lalu, Kita benar-benar hanya melihat masa lalu dan  ”masa depan” harga dalam jangka pendek.
Berikut adalah contoh bagaimana Simple Moving Average memperlancar analisa harga.



Pada grafik, ada tiga SMA berbeda pada chart 1 jam pada USD / CHF. Dapat Kita lihat, semakin besar period SMA, semakin tertinggal harganya.
Lihat bagaimana 62 SMA  jauh dari harga saat ini dari 30 dan 5 SMA. karena 62 SMA menambahkan sampai harga penutupan 62 periode terakhir dan membaginya dengan 62. 

SMA dalam tabel menunjukkan keseluruhan sentimen pasar pada titik waktu ini. kita dapat melihat bahwa pasangan ini trennya naik.
Alih-alih hanya melihat pada harga pasar saat ini, moving average memberi kita pandangan yang lebih luas, dan kita sekarang dapat mengukur secara umum arah harga masa depan. Dengan menggunakan SMA, kita bisa tahu apakah trennya naik, turun, atau sideway.
Ada suatu masalah dengan simple moving average dan mereka rentan terhadap lonjakan. hal ini dapat memberi kita sinyal palsu. Kita mungkin berpikir bahwa tren baru dapat berkembang, tetapi kenyataannya, tidak ada yang berubah.


Exponential Moving Average
Seperti dalam artikel sebelumnya, simple moving average dapat terdistorsi oleh lonjakan harga. contoh.
Katakanlah kita plot SMA 5-periode pada daily chart EUR / USD.


harga penutupan selama 5 hari adalah sebagai berikut:
Hari 1: 1,3172
Hari 2: 1,3231
Hari 3: 1,3164
Hari 4: 1,3186
Hari 5: 1,3293
kalkulasinya sebagai berikut:
(1.3172 + 1.3231 + 1.3164 + 1.3186 + 1.3293) / 5 = 1.3209
mudah kan?
Bagaimana kalau hari kedua dan ada berita yang keluar sehingga mengakibatkan euro turun. hal ini mengakibatkan EUR/USD turun ke 1.3000. kita lihat apa yang terjadi dengan  SMA periode 5.
Day 1: 1.3172
Day 2: 1.3000
Day 3: 1.3164
Day 4: 1.3186
Day 5: 1.3293
Moving Average dihitung seperti berikut :
(1.3172 + 1.3000 + 1.3164 + 1.3186 + 1.3293) / 5 = 1.3194
Hasil  dari perhitungan mengakibatkan perhitungan yang sangat rendah. padahal tersebut terjadi karena adanya berita yang keluar.
Ini disebut Exponential Moving Average !
Exponential Moving Average  (EMA) memberikan berat untuk periode yang paling baru. contoh di atas, EMA menempatkan berat pada harga hari paling baru, yang berarti hari 3, 4, dan 5.
Ini berarti bahwa lonjakan pada Hari 2 menjadi nilai lebih rendah dan tidak besar pengaruhnya terhadap moving average.
Sekarang kita lihat grafik 4 jam pada USD / JPY untuk menyoroti bagaimana sebuah SMA dan EMA terlihat berdampingan pada sebuah grafik.


Lihat bagaimana garis merah (30 EMA). Tampak harga lebih dekat dengan garis biru (30 SMA). Ini berarti bahwa lebih akurat menggunakan indikator SMA. Anda mungkin bisa menebak kenapa hal ini bisa terjadi.
karena EMA lebih menekankan pada apa yang telah terjadi belakangan. Ketika trading, sebenarnya jauh lebih penting untuk melihat apa yang terjadi SEKARANG bukan apa yang telah terjadi masa lalu.


SMA vs EMA
Sekarang, anda mungkin bertanya, mana yang lebih baik? Yang sederhana atau eksponensial?
Pertama, coba kita mulai dengan exponential moving average. Bila Kita ingin moving average yang merespon harga yang bergerak cepat, maka  EMA adalah pilihan terbaik.
Karena dapat membantu Kita menangkap tren awal, yang akan menghasilkan keuntungan yang lebih banyak. Bahkan, sebelumnya Kita melihat tren, semakin lama Kita bisa menahan OP dan meraup keuntungan yang sangat banyak.
Namun Kelemahan menggunakan Exponential moving average adalah Kita mungkin akan mendapat sinyal palsu  selama periode konsolidasi.
Karena moving average sangat cepat merespon harga, Kita akan berpikir sebuah tren yang terbentuk  saat itu hanya spike harga. 
Dengan simple moving average, adalah sebaliknya. Bila Kita ingin moving average  yang lebih halus dan lambat untuk merespon harga, maka pilihlah SMA.
Hal ini bekerja dengan baik ketika anda melihat time frame yang lebih lama, karena bisa memberikan gambaran mengenai tren secara utuh.
Walaupun lambat untuk merespon tindakan harga, mungkin bisa menyelamatkan Kita dari sinyal palsu. kekuranganya Kita akan menunda terlalu lama, dan Kita akan kehilangan harga entri yang baik.
Sebuah analogi  adalah untuk memikirkan kelinci dan kura-kura.
kura-kura lambat, sama seperti SMA, Kita mungkin kehilangan untuk mendapatkan sinyal pada awal tren. Tapi, ia memiliki cangkang keras untuk melindungi diri, dan sama, menggunakan SMA juga akan membantu Kita terhindar dari jebakan.
Di lain sisi, kelinci cepat, seperti EMA. Yang  membantu Kita menangkap awal tren tetapi Kita akan mendapatkan sinyal palsu.

Jadi mana lebih baik?
terserah anda untuk memutuskan.
Ada beberapa strategi trading yang diciptakan dengan menggunakan moving average. Dalam materi berikut, akan di ajarkan:
1. Cara menggunakan moving average dalam menentukan tren
2. Bagaimana menggabungkan moving average crossover ke sistem trading Kita
3. Bagaimana moving average dapat digunakan sebagai support dan resistance yang dinamis

Cobalah lihat grafik dan coba bereksperimen dengan periode yang berbeda. Pada saatnya, Kita akan menemukan moving average yang paling cocok untuk Kita.


Salah satu cara yang baik untuk menggunakan moving average adalah untuk membantu Kita menentukan tren.
Cara termudah yaitu dengan hanya plot moving average tunggal pada tabel. Ketika harga cenderung untuk berda di atas moving average,  berarti trendnya naik.
Jika harga cenderung berada di bawah moving average, maka menunjukkan bahwa trend menurun.

Masalahnya adalah bahwa terlalu sederhana.
Mari kita katakan bahwa USD / JPY trendnya turun, tetapi laporan berita yang keluar menyebabkan spike yang tinggi.

Kita lihat bahwa harga sekarang di atas rata-rata bergerak. Kita berpikir:
Jadi Kita melakukan hal itu. Kita akan membeli satu miliar unit menyebabkan Kita yakin bahwa USD / JPY akan naik.
Ternyata, para trader hanya bereaksi terhadap berita, tetapi trend tetap turun dan bahkan lebih rendah!
Untuk mempermudah mendapatkan sinyal yang valid apakah pasangan ini tren naik atau turun tergantung pada urutan moving average. Mari kita jelaskan.
Pada uptrend, yang “lebih cepat” moving average harus berada di atas MA “lebih lambat” rata-rata bergerak dan kecenderungan untuk menurun, juga sebaliknya.
contoh, katakanlah kita memiliki dua MA: 10-periode MA dan MA periode 20. Pada grafik Kita, akan terlihat seperti ini:

Di atas adalah daily chart USD / JPY. Sepanjang uptrend, 10 SMA di atas 20 SMA. Seperti yang Kita lihat, Kita dapat menggunakan moving average untuk membantu menunjukkan apakah pasangan adalah tren naik  atau turun. Menggabungkan ini dengan pengetahuan Kita pada garis tren, ini dapat membantu Kita memutuskan apakah akan buy atau sell .
Kita juga dapat mencoba menempatkan lebih dari dua moving average pada chart Kita.

Moving Average Crossover
Sekarang, Kita tahu bagaimana menentukan trend dengan memplot moving average pada grafik Kita. Kita juga harus tahu bahwa moving average dapat membantu Kita menentukan kapan tren berakhir dan sebaliknya.
Yang harus Kita lakukan adalah plot beberapa moving average pada chart Kita, dan menunggu sebuah crossover (persilangan). Jika moving average menyilang satu sama lain, itu berarti sinyal bahwa tren akan berubah, sehingga memberikan kesempatan kepada Kita untuk mendapatkan entri yang lebih baik. Dengan memiliki entri yang lebih baik, Kita memiliki kesempatan mendapatkan profit yang banyak!
Jika Allen Iverson mencari nafkah dengan memiliki langkah menyilang yang mematikan, mengapa Kita tidak?

Mari kita melihat lagi bahwa daily chart USD / JPY menunjukkan moving average crossover.

Dari bulan April sampai Juli, pair berada dalam uptrend. keluar sekitar 124,00, sebelum akhirnya menuju ke bawah. Pada pertengahan Juli, kita lihat bahwa 10 SMA menyeberang di bawah 20 SMA.
Dan apa yang terjadi selanjutnya?
Sebuah trend menurun.
Jika Kita sell di crossover SMA, akan mendapatkan hampir seribu pips!
Tidak setiap perdagangan bisa menghasilkan seribu pip,  seratus-pip, atau bahkan 10-pip.
Ini bisa menjadi sinyal palsu, berarti Kita harus mempertimbangkan hal-hal berikut di mana kita harus memasang stop loss atau kapan harus mengambil keuntungan. Kita tidak boleh masuk pasar tanpa rencana!
hal yang perlu dicatat dengan sistem crossover adalah ketika mereka bekerja dalam pasar yang volatile, mereka tidak bekerja dengan baik ketika trend sideway.


Support Resistance Dinamis
Ada Cara lain untuk menggunakan moving average yaitu dengan menggunakan mereka sebagai  support dan resistance dinamis.
Kita menyebutnya dinamis karena hal itu tidak seperti support resistance tradisional. Mereka akan terus berubah bergantung pada aksi harga terbaru.
Ada banyak pedagang di luar sana yang melihat moving average ini sebagai support resistance utama. Trader akan melakukan beli jika harga menguji moving average atau sell jika harga naik dan menyentuh moving average.
Berikut ini chart 15-menit dari GBP / USD dan mengetest pada 50 EMA. Mari kita lihat support resistance dinamis.


Setiap kali harga mendekati 50 EMA dan ditest,  bertindak sebagai perlawanan dan harga memantul kembali. hal yang harus diingat adalah bahwa hal ini hanya seperti support resistance garis normal.
Ini berarti harga tidak selalu memantul sempurna dari moving average. Kadang-kadang akan melewatinya sedikit sebelum kembali ke arah tren. 
Kita bisa menyebut daerah ini sebagai  ”zona”.
kita lihat lagi pada chart 15-menit dari GBP / USD, kali ini kita menggunakan 10 dan 20 EMAS.

grafik di atas, Kita lihat harga melewati 10 EMA  tetapi menurun setelah itu.



Baca Juga: Teknik trading Forex Menggunakan MACD Agar Profit Konsisten



beberapa trader menggunakan strategi intraday seperti ini. Idenya adalah hanya seperti support resistance horisontal, moving average harus diperlakukan seperti zona.
Daerah antara moving average bisa dikatakan sebagai zona support atau resistance.

Sekarang Kita tahu moving average berpotensi dapat bertindak sebagai support dan resistance. Menggabungkan beberapa dari mereka, Kita dapat memiliki sendiri zona kecil yang menyenangkan. Tapi Kita juga harus tahu bahwa mereka bisa rusak, seperti setiap tingkat support dan resistance!
lihat lagi pada grafik GBP / 15-mnt s USD ‘ dengan 50 EMA.

kita bisa melihat bahwa 50 EMA sebagai level support yang kuat untuk sementara pada GBP / USD karena berulang kali memantul.
Namun, seperti yang kita telah ketahui dengan kotak merah, harga akhirnya berhasil menembus dan terangkat naik. Harga kemudian kembali dan menguji EMA 50, yang terbukti menjadi tingkat dukungan yang kuat.
menggunakan moving averages adalah mereka selalu berubah, berarti Kita hanya bisa meninggalkan tempat pada chart Kita dan tidak harus terus menerus mencari kembali potensi support dan resistance.
Ringkasan Moving Average
dari banyak jenis moving average. Dua jenis yang paling umum adalah simple moving average dan eksponensial moving average.
simple moving average adalah bentuk paling sederhana moving average, mereka rentan terhadap lonjakan harga.
eksponensial moving average bergerak menempatkan titik berat terhadap harga terbaru, yang berarti lebih menekankan pada apa yang para trader lakukan sekarang.
Hal ini jauh lebih penting untuk mengetahui apa yang para trader lakukan sekarang daripada melihat apa yang mereka lakukan minggu lalu atau bulan lalu.
moving average lebih halus daripada eksponensial moving average .
Menggunakan eksponensial moving average dapat membantu Kita melihat tren lebih cepat, tetapi rentan terhadap sinyal palsu.
Smooth moving average lebih lambat untuk merespon tindakan harga namun akan menyelamatkan Kita dari spike. Namun, karena reaksi lambat, mereka dapat menunda Kita dari mengambil kesempatan untuk memasuki pasar dan dapat menyebabkan Kita kehilangan beberapa peluang bagus.
Kita dapat menggunakan moving average untuk membantu Kita menentukan tren, kapan harus masuk, dan ketika tren tersebut akan segera berakhir.
Moving average dapat digunakan sebagai support dan resistance dinamis.
Salah satu cara terbaik untuk menggunakan moving average adalah menggunakan beberapa moving average sehingga Kita bisa melihat kedua gerakan jangka panjang dan jangka pendek.

0 Response to "Penggunaan Indikator Moving Average"

Post a Comment