-->

Sama kah Mindset Trading Vs Investasi Saham?


Trading dan investasi saham, apa persamaannya? ya sama-sama membeli Saham tetapi tujuan dan time framenya berbeda. jika Trader membeli Saham untuk diperdagangkan (dapat profit jangka pendek). Sedangkan investor membeli Saham untuk diinvestasikan jangka panjang. Investor Saham tidak berdagang saham, namun "membeli perusahaan". 

Ada beberapa mindset yang sangat berbeda antara trading dan investasi saham. nah mari kita simak perbedaanya

TRADER SAHAM: 

- Lebih melihat pada analisa chart / grafik 
- Mending trading jangka pendek, profitnya lebih sering
- Beli Saham gak usah kebanyakan fundamental, yang penting cuan (profit)
- Investasi Saham profitnya lama banget, mending trading
- Cari fluktuatif saja, udah bisa profit 5% beberapa hari, nggak perlu simpan Saham terlalu lama

INVESTOR SAHAM: 

- Lebih melihat pada kinerja perusahaan daripada chart
- Investasi Saham saja, profitnya lebih pasti kalau disimpan jangka panjang
- Fluktuatif Saham terlalu berisiko dan menekan psikologis
- Investasi Saham bisa dapat passive income
- Fluktuatif nggak penting, kinerja perusahaan jauh lebih penting 

Itulah perbedaan mindset yang sangat sering kita jumpai antara trader dan investor saham. Jadi katakanlah trader dan investor disuguhi Saham A. Keduanya bisa memberikan penilaian yang berbeda. 

Ketika seorang investor melihat kinerja fundamental Saham A tidak bagus / tidak prospek, maka investor pasti tidak akan tertarik untuk membeli sahamnya. Investor akan berkata: "Saham A nggak layak dibeli, soalnya fundamentalnya jelek, tidak ada prospeknya."

Tetapi seorang trader bisa menganalisa dari sudut pandang yang berbeda. Kalau trader melihat Saham A (saham yang sama), dan trader melihat bahwa Saham tersebut layak dibeli karena ada indikator rebound secara grafik, maka trader akan berkata: "Saham A bagus nih, sudah mulai naik. Waktunya beli" 

Ketika investor mengatakan suatu Saham tidak layak dibeli karena fundamentalnya jelek, trader mungkin akan mengatakan: "Nggak usah lihat fundamental, yang penting profit, chartnya bagus". 

Itulah perbedaan mindset antara trader dan investor saham. Apa yang di paparkan disini bukan bermaksud untuk menyudutkan ataupun mendukung trader dan investor. 

Apapun pendapat Anda tentang trading dan investasi itu sah-sah saja. Melalui pos ini, kita hanya ingin memaparkan perbedaan trading dan investasi. Semoga melalui pos ini juga Anda bisa membedakan prioritas2 utama trader dan investor (bahwa keduanya tidaklah sama). 

Jangan sampai Anda ingin investasi, tapi Anda melakukan analisa Saham dari sisi trader dan sebaliknya. 
nah jadi anda sudah paham dan bisa memutuskan ya menjadi trader atau investor

1 Response to "Sama kah Mindset Trading Vs Investasi Saham?"